10 PROSES DAUR DAPODIK


1.         Operator Sekolah mendownload dan menginstal aplikasi dapodik serta registrasi ulang saat muncul aplikasi dapodik terbaru (sudah barang tentu operator sekolah mendapatkan fasilitas yang layak pakai : PC/Laptop yanng sudah sesuai standar, jaringan internet yang lancar, dan pendukung kegiatan lainnya seperti Kopi, cemilan, dll yang semuanya itu di biayai oleh sekolah). setelah terregistrasi baru operator mencetak formulir untuk Sekolah, GTK, dan Peserta Didik.


2.         Selanjutnya formulir diperbanyak dan dibagikan kepada untuk di isi dalam jangka waktu tertentu :

1.       Kepala Sekolah untuk pengisian data sekolah dan data pribadi kepala sekolah.

2.       Kepada Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) untuk pengisian data pribadi masing-masing GTK.

3.       Kepada Peserta Didik (PD) untuk pengisian data pribadi masing-masing PD.

DOWNLOAD CONTOH JADWAL OPERATOR SEKOLAH DI SINI


3.         Setelah jangka waktu pengisian sudah selesai, sekarang saatnya pengumpulan data yang sudah di isi oleh masing-masing (Kepala Sekolah, GTK, dan PD) dengan melampirkan data pendukung yang valid dan tidak lupa harus ada MOU/hitam di atas putih atas pengisian data tersebut yang isinya menyatakan bahwa data tersebut di isi benar adanya dan sesuai dengan bukti data pendukung, jika dikemudian hari ada kesalahan maka tidak akan menuntut operator sekolah ataupun kepala sekolah. Sekedar saran kalau bisa Kepala Sekolah, GTK, dan Wali Peserta Didik mendampingi Operator Sekolah pada saat pengentrian data.


DOWNLOAD CONTOH SURAT PERYATAAN PENYAMPAIAN DATA DARI KEPALA SEKOLAH, GTK, DAN WALI MUDIR DI SINI

4.         Jika sudah yakin beres dan data sudah valid semua Operator Sekolah segera mengirim data tersebut (Syincron) sebelum batas waktu yang telah ditentukan. Karena ditakutkan nantinya tidak terkejar untuk perubahan data jika ada kesalahan dalam pengentrian data ataupun berkas yang diberikan oleh Kepala Sekolah, GTK, ataupun Wali Peserta Didik. Setelah syincronisasi selesai maka data sudah masuk dalam server utama dapodik (biasanya tidak ada delay kecuali server sedang maintenance)

UNTUK CEK HASIL SYINCRONISASI APAKAH BERHASIL ATAU BELUM BUKA DI SINI

5.         Data yang masuk diserver utama direplikasi kebeberapa server replikasi seperti server PDSP, server replikasi untuk pelayanan dan lainnya. Karena besarnya data dari server utama dan banyaknya koneksi aplikasi dapodikdas kedalam server utama maka replikasi yang dilakukan biasanya terjadi delay (saat saya buat tulisan ini delay yang terjadi antara 2-3 hari. hasil investigasi dengan operator sekolah yang menjadi sukarelawan ). P2TK akan mengambil data dari server replikasi yang dilakukan setiap satu hari sekali (ingat satu hari cuma ambil data satu kali) rencananya akan dilakukan dimalam hari antara jam 22 malam - 02 pagi. (saat tulisan ini di tulis sinkron masih belum sesuai jadwal, masih dilakukan lebih dari 2 kali sehari). Setelah data ditarik dari server replikasi dan masuk di Server INFO GTK, sistem yang ada di P2TK akan melakukan verifikasi data, proses verifikasi otomatis dilakukan oleh sistem tidak dilakukan manual (itu sebabnya P2TK tidak menerima berkas).


6.         Setelah verifikasi selesai baru info ptk bisa di nikmati oleh guru, operator sekolah, operator tunjangan dan siapapun yang ingin melihat validitas data ptk melalui website yang telah disediakan. Karena besarnya animo guru, operator sekolah, operator tunjangan dan masyarakat lainnya yang ingin melihat validitas data PTK, sehingga server P2TK sering kali crash, oleh karena itu untuk memecah beban server, P2TK menyiapkan beberapa link yang dapat digunakan untuk melihat info GTK .


7.         Peserta didik sudah bisa melihat/cek NISN secara Online. Untuk cek NISN bisa buka alamatnya DI SINI.


8.         GTK sudah bisa cek data yang di entrikan oleh Operator Sekolah di Info GTK. Untuk alamatnya bisa di cek di bawah ini :

a.       http://223.27.144.195:8081/info

b.      http://223.27.144.195:8082/info

c.       http://223.27.144.195:8083/info

d.      http://223.27.144.195:8084/info

e.      http://223.27.144.195:8085/info

f.        http://223.27.144.195:20171


9.         Kepala Sekolah sudah bisa cek data yang di entrikan oleh Operator Sekolah di Info GTK. Alamat cek sama dengan GTK.


10.     Operator menginformasikan kepada Kepala Sekolah, GTK, dan Wali Peserta Didik untuk mengcek data yang telah di entri pada aplikasi dapodik, dan menunggu jika ada komplain untuk perbaikan data jika ada kesalahan. Perlu di ketahui perbaikan data yang harus dilakukan Operator Sekolah yaitu :

a.         Pada Aplikasi Dapodik (hibrid : bisa Online, bisa Offline) yang selanjutnya di syincron ulang untuk mendapatkan data yang valid.

b.         Pada Aplikasi Verval PD, jika ada kesalahan dalam pengisian nama, tempat tanggal lahir dan nama ibu kandung. (Online). Buka Verval PD DISINI

Catatan : Wali Peserta didik wajib membwa data pendukung yang sah (akta kelahiran) untuk dapat merubah data tersebut.

c.          Pada Aplikasi Verval PTK, jika ada kesalahan dalam pengisian nama, tempat tanggal lahir dan nama ibu kandung. Serta untuk Pengajuan NUPTK baru bagi GTK yang belum memiliki NUPTK (Online). Buka Verval PTK DISINI

Catatan : GTK wajib membawa data pendukung yang sah (KTP, Kartu Keluarga, Ijazah, dan akta kelahiran jika belum menikah, dan surat nikah jika sudah menikah) untuk dapat merubah data tersebut.

d.         Pada Aplikasi Verval SP, jika ada kesalahan dalam pengisian data sekolah. (Oline) Buka Verval SP DISINI

Catatan : Kepala Sekolah wajib membawa data pendukung yang sah (SK Pendirian, Sertifikat Tanah, dll) untuk dapat merubah data tersebut.

No comments:

Entri Unggulan

SAPAAN DARI GURU GURU SMA NEGERI 2 TOMA

Salam Baik Buat Semua Kepada Pengunjung Blog SMA Negeri 2 Toma, Ya'ahowu...! Guru-guru SMA Negeri 2 Toma

Telusuri Berita

Random Posts

    Recent Posts

    Populer Posts

    test